Ingin Mendisiplinkan Anak? Cara Bunda Glory Ini Bisa Ditiru Ya Moms…..

Ingin Mendisiplinkan Anak? Cara Ini Bisa Ditiru Moms

Usia Harvey mendekati 16 bulan, di tahap ini tidak hanya keingintahuannya yang tinggi dengan memanjat perabotan dan membongkar barang, tapi emosinya juga sudah semakin berkembang.

Jika dilarang atau dinasehati agar tidak melakukan suatu hal, Harvey mudah kecewa dan pelampiasannya dengan melempar barang atau memukul wajah saya atau pengasuhnya.

Tentu saya tidak ingin Harvey terus mempertahankan perilaku buruk ini.

Tapi untuk mendisiplin dengan memukul saya belum tega.

Walaupun Harvey belum bisa bicara lancar, tapi di usianya ini dia sudah mengerti perintah dan kalimat sehingga sebenarnya paham apa yang kita larang.

Tapi namanya juga anak pertama, semuanya serba khawatir, jika dipukul apakah nanti anak tidak trauma atau jadi membenci kita?

Umur berapa seharusnya mulai diterapkan hukuman disiplin?

BACA JUGA : Wahai, Ibu, Meski Sedang Kesal dan Marah, Namun Tetaplah Hindari 10 Jenis Hukuman yang Bikin Anak Minder dan Trauma Ini

Setelah membaca beberapa referensi dan ngobrol dengan ibu–ibu yang lebih senior, saya dan suami sepakat untuk mendisiplinkan Harvey tapi dengan “cara kami”.

Jadi moms, saya melakukannya dengan cara “iron fist in a velvet glove” alias tegas tapi tetap lembut.

Nah kurang lebih begini, saat Harvey merengek karena dilarang nonton video di gadget, kami akan konsisten melarang dan membiarkannya menangis.

Tapi kemudian saya atau suami akan mencari pengalihan seperti mengajaknya keluar ke halaman rumah sebentar atau mengajaknya bermain dengan buku bacaan atau mainan non-digital lainnya.

Ketika Harvey mulai emosi dan memukul atau melempar barang, kami akan menangkis pukulannya, atau jika perlu menepuk tangannya dengan lembut sambil mengatakan tidak boleh atau jangan.

Namun tetap memertahankan ekspresi wajah agar tidak terlihat melotot atau galak, agar anak tetap merasa ‘figur’ rasa amannya tetap ada.

Karena moms dari pengalaman seorang sahabat jika kita memarahi anak dengan jengkel dan muka kesal maka secara psikologis anak akan tertekan.

Tapi tidak cukup di sini Moms, saat anak dalam kondisi emosi yang baik, kita harus berkomunikasi dengan menatap matanya dan memberikan pengertian berulang.

“Kalau marah tidak boleh pukul ya…kalau pukul mama sakit dan sedih, Harvey nggak mau kan, mama sedih?”.

Intinya jangan sampai kita menasehati disaat kita masih mendisiplinkannya

Misalnya dengan ekspresi wajah yang ngotot dan nada yang tinggi, karena anak akan kehilangan ‘tempat berlindungnya’.

Mendisiplin tindakan di saat dia melakukan hal yang salah perlu dilakukan, tapi memberi masukan di saat lainnya itulah yang diharapkan akan didengar dan dimengerti anak.

Dan membuat pola perilakunya berubah, setelah saya mencoba melakukan hal ini beberapa kali, sekarang sudah sekitar satu minggu Harvey tidak melempar barang kalau sedang kesal.

Sementara untuk perilaku memukul sudah berkurang meskipun masih sesekali terjadi.

Yang penting konsisiten dan kompak dengan suami dalam mendidik.

Hal lainnya saya dan suami juga menghindari peran “good cop” “bad cop”karena nanti anak akan melihat ketidak konsistenan orang tua dalam sebuah keputusan, atau berpihak pada salah satu orang tua ketika yang satunya sedang mendisiplin.

Meskipun tidak mudah dilakukan namun hal ini cukup berhasil buat saya dalam mendidik Harvey, semoga berhasil juga buat moms semua ya.

Hasil gambar untuk glory oyong dan keluarga

Sembuh Dari Asma Setelah Konsumsi Gizidat

Foto Nutrisi Gizi Anak Sehat.

Saya Marni ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Anak ke 3 saya kembar laki laki dan perempuan yang bertama abang Ghani dan kembaranya adik Ghina.

Sejak usia1 th 3 bln ghani dan ghina susah makan, tidak banyak gerak dan mudah sekali sakit batuk pilek, apalagi saat cuaca pancaroba yang paling sangat saya takutkan abang Ghani batuk terus menerus yang memicu asmanya kambuh.

Kalau lagi kambuh, abang ghani saya bawa ke dokter dan langsung diuap. Sedih rasanya melihat keadaan anak di usia balita seperti ghani dengan keadaan sesak nafas gak tega lihatnya 😥

Demi anak-anak supaya mau makan dan daya tahan tubuh tetap terjaga, saya belikan vitamin dari mulai curcuma plus sampai madu ikan gabus pertama saya beli 1 btl madu ikan gabus, habis 1 btl belum ada perubahan saya berfikir karna baru 1 btl belum ada efeknya. Dan akhirnya saya beli lagi 2 btl hemmmmm .. masih belum ada perubahan juga dari bang ghani, asmanya masih kambuh dan ghina masih susah makan, saya masih berfikir positif dan tetep saya rutinkan madu ikan gabus sampai sampai saya baru sadar kalau sudah menghabiskan 15 btl madu ikan gabus. Belum ada perubahan pada anak kembar saya, khususnya si abang ghani yang mempunyai asma masih sering kambuh.

Ada kalanya saya merasa nyerah dan cape..😓karna anak anak susah sekali kalau disuruh makan, apa lagi kalau cuma mau makan cemilan seperti ciki ciki haduuuhhh gampang banget bapil dan repot kalau dua duanya sakit 😥

Saya masih belum menyerah untuk mencari cari vitamin mana yang harus saya coba berikan lagi untuk si kembar. Banyak yang bilang sudah sampe 15 btl ko belum kapok siih .. dan sekarang masih mau cari vitamin lagi, nanti juga kalau sudah besar mau makan kok ..Prinsip saya masalah uang bisa dicari tapi kesehatan untuk anak anak adalah no 1. yang sangat penting. Setelah sudah mencoba berbagai macam vitamin dan sudah menghabiskan 15 btl madu ikan gabus tidak menjadikan beban untuk saya mencari vitamin yang lain untuk si kembar.

Dan akhirnya saya aktifkan kembali akun Facebook mulai deh kembali saya mencari vitamin untuk si kemba. Saya coba search ” vitamin Anak ” muncul banyak sekali berbagai merk haduuhhh sampe bingung ni pilih yang mana🤔.
Untuk kali ini saya harus lebih teliti mencari vitamin atau nutrisi untuk si kembar. Mulailah saya baca satu persatu dan akhirnya ketemu nama vitamin yang sangat aneh yaitu Gizidat Madu Ikan Sidat. Saya coba juga search ” Gizidat ” di Google ternyata banyak sekali yang sudah menjual. Gak nunggu besok-besok, saya langsung menghubungi salah satu CS Gizidat melalui Facebook. Di sini saya coba tanya lebih detail lagi mengenai produk gizidat dan akhirnya si mbak CS Gizidat menjelaskan sejelas-jelasnya bahwa komposisi Gizidat ini terdiri dari madu hutan dan ekstrak ikan sidat.

Sedikit ada keraguan juga dalam fikiran saya, karna saya juga belum mengenal ikan sidat. Nah sempet kaget 😮 saat mbak CSnya menjelaskan gizi dari ikan sidat ini lebih tinggi looohh dari ikan salmon, ikan tenggiri dan ikan gabus .

Waaahh ternyata ikan Sidat bisa dibilang Kaya Gizi yah !!
Dan di situlah saya mulai tertarik untuk membeli gizidat dan ingin secepatnya memberikan gizidat untuk si kembar

Saya coba 2 botol ternyata si kembar belum ada perubahan 🙁. Saya masih berfikir positif coba botol ke 3 dan 4 hemmm masih juga belum ada perubahan 😓. Sampai di sini saya belum menyerah dan saya yakin dengan gizidat ini bahwa anak saya bisa berubah. Saya mencoba botol ke 5 dan ke 6 bismillah dan selang berapa minggu haaaaaaaaahhhhhh..saya sangat kaget melihat perubahan dari si kembar alhamdulilah adik ghina lahapp makan dan membuat imun si kembar tetap terjaga disaat cuaca yang selalu berubah-ubah, tidak mudah bapil. Terutama untuk si abang ghani alhamdulilah bangettttt dan sangat bersyukur dengan mengkonsumsi Gizidat Asma abang Gahani Udah jarang kambuh senangnya hatii kuuu..

Usia si kembar sekarang hampir 3 th. Berat badan adik Ghina juga sudah naik dari 11kg menjadi 15kg karna sebentar bentar makan .

Sangat bersyukurrr saya bisa menemukan Nutrisi yang pas untuk si kembar yaitu Gizidat. Berkat Gizidat Abang Ghani sembuh dari Asma
Semoga informasi ini bermanfaat untuk bunda semua 👩‍👧‍👦

Salam Bunda Hebat

Marni ( 36Th ) — bersama Yasin icang.

Kenapa Ayah Bunda yang Harus Mengajarkan Sholat Pada Anaknya? Agar Pahalanya Mengalir Terus

Hasil gambar untuk anak diajari sholat

Sholat adalah salah satu kewajiban dalam agama islam. Dan sebaiknya orang tua lah yang harus mengajarkan sholat pada anaknya.

Kenapa? Agar pahalanya mengalir terus kepada orang tua.

Kok bisa? Ya, bisa. Karena salah satu amal jariyah yang tidak akan terputus adalah ilmu yang bermanfaat. Nah, kalau orang tua mengajarkan ilmu tentang sholat pada anak, maka pahalanya akan mengalir terus bukan?

Lalu gimana caranya mengajarkan sholat pada anak? Saya kutip dari berbagai sumber, Ayah Bunda bisa melakukannya dengan cara ini:

7 Cara Mengajar Untuk Anak Shalat Menurut Peringkat Umur

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnyya, pribahasa ini bisa kita jadikan untuk mengajar anak belajar menunaikan sholat dari ayunan.

Didalam konteks bimbingan pertama untuk anak-anak,kita bertanggungjawab untuk mengajar anak untuk sholat ialah salah satu amanah yang sangat penting dan berat bagi orang tua. Mengajar dan mendidik anak untuk sholat tidak semudah kita mengajarkan anak ABC dan 123.

kita bertanggungjawab atas hal besar ini dan pasti hadir berbagai ujian dan cobaan ini memerlukan ibu bapak yang bijaksana.

1) Ibu bapak teladan yang baik.

Ibu bapak ialah teladan yang terbaik dan terdekat untuk diikuti oleh anak.bapak yang slalu pergi ke masjid,mamanya yang slalu siap,ketika mendengar adzan dan mengatakan pada anak untuk sholat berjema’ah yaitu teladan yang terbaik untuk anak-anak bapak ibu sekalian.

2) Untuk Umur anak 0 – 2 tahun Wujudkan suasana yang shaleh shalehah

Biarpun anak-anak ketika kecil,tiada faham dan mengerti,tapi lingkungan yang senang dan shalehah akan menjadikan suasana biasa.Dia terbiasa melihat ibu dan bapaknya shalat tepat waktunya,shalat berjama’ah,dan tau tentang adzan dan mendengarkan bacaan ayat-ayat al-qur’an.

Berkata-lah dengan kata menyenangkan dan juga bercerita dengan sianak,contohnya ” Tunggu disebelah Ayah / ibu ya nak,Ibu mau shalat.” Atau bisa juga ” Terima kasih anakku sayang karena telah tunggu Ayah/ibu shalat.”

Hasil gambar untuk anak diajari sholat

3) Untuk Umur anak 2 – 3 tahun – Ajaklah anak anda

Kita Sebagai ibu ayah tidak perlu merasakan jenuh buat slalu mengajak anak shalat. Biarpun mereka tidak biasa dengan ajakkan kita.Walau mereka hanya mendengarkan dan tiada dikuti, teruslah menyebut tiap kali kita mahu shalat. ”yukk ikut Ummi/Abi shalat!”

4) Untuk Umur anak 4 – 6 tahun – buat apa kita shalat?

Telah tiba waktunya buat ibu ayah berkisah tentang kepentingan shalat pada anak anda. Pencerahan dalam bentuk cerpen bisa memberi gambaran yang bagus dan jelas pada anak.

Katakan pada anak-anak secara sering tentang masjid.Ajaklah anak ke masjid.kenalkan ahklak adab-adabnya,shalat jama’ah,hubungan sosial masyarakat dengan jama’ah yang lain dan lain sebagainya.

Kepada umur ini pula ibu ayah telah bisa mengantar anak ke TK Islamiyah yang mengajarkan anak tentang shalat biarr anak lebih mengerti dan senang untuk shalat.

5) Untuk Umur 7 – 9 tahun – Penekanannya dan tanggungjawab

Ini merupakan tahun pengokohan bagi azas shalat untuk anak.ibu ayah telah menunjukkan teladan,ajakan dan pemahamannya dari sejak lahir.Masa ini anak seharusnya telah tau apa saja yang penting dikerjakan ketika adzan,cara mengambilkan air wudhuk,gerakan shalat dan bacaannya di dalam shalat.

Biarpun tiada lancar dan tidak cermat,sekurang-nya anak telah ada azas.Mencapainya umur 9 tahun,ibu ayah telah mulai dikit tegas dan slalu ingatkan anak untuk shalat.

6) Untuk Umur 10 tahun ke atas – Denda dan hukumannya

Dalam hadist bab shalat,Nabi muhammad Saw membenarkan kita untuk memukul mereka yang tidak shalat waktu ia umurnya 10 tahun.Namun sebelum ayah ibu memukul,adakah kita sudah memberikan pengertian serta teladan yang baik buat anak?

Tiada mudah untuk ibu ayah menjatuhi hukuman dan memukul anaknya.senantiasa kita Semoga menjadi pemimpin yang adil dalam menentukan hukuman dan denda terhadap anak-anak.

7) Yang terakhir Doa

Selalu mengamalkan do’a Nabi Ibrahim As.

Berbagai sistem perlu diajarkan oleh ayah ibu dilingkungan dalam mengajak anak untuk shalat Keterpaksaan dan Kekerasan hanya dapat membuntukan sistem azas pengetahuan shalat mereka.

Agar anak-anak kita dapat mengerjakan shalat lima waktu yang merupakan ibadah yang pertama untuk seorang muslim dan muslimah. Sebagai ayah ibu kita sewajarnya memberikan pendidikan shalat secepat mungkin pada anak-anak kita mengikuti umur mereka.demikianlah tips islami untuk saat ini..terima kasih atas kunjangan sahabat semuanya.

Hasil gambar untuk anak diajari sholat

©2019 Madu Gizidat. Beautiful Creation by Geraima