fbpx

Khasiat Madu Sebagai Sumber Probiotik Alami

Hasil gambar untuk madu

Khasiat Madu Sebagai Sumber Probiotik Alami

Bunda,

Selama ini kita mengenal probiotik dalam kemasan minuman yang dijual bebas di toko atau supermarket. Probiotik sebenarnya secara alamiah ada dalam tubuh kita. Probiotik sendiri merupakan mikroorganisme hidup yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit. Probiotik dapat membantu saluran pencernaan kita dengan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat yang seimbang dalam tubuh. Madu yang kita kenal memiliki berbagai nutrisi, ternyata juga mengandung zat probiotik alami.

Bakteri Baik dan Bakteri Jahat

Saluran pencernaan kita, terutama pada bagian usus, secara alami mengandung sekumpulan mikroorganisme salah satu diantaranya adalah bakteri. Jumlah bakteri baik dan jahat harus seimbang. Bila bakteri jahat jumlahnya lebih banyak dari bakteri baik, biasanya kita akan mengalami diare karena bakteri jahat akan mengeluarkan racun yang bisa menyebabkan diare dan mengeluarkan enzim yang mendorong terbentuknya senyawa karsinogenik di dalam saluran pencernaan. Perut bisa juga terasa mual sebagai awal infeksi menyerang. Sementara bakteri baik akan menghasilkan antibiotika alami yang membantu keutuhan mukosa usus, proses metabolisme, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Riset Madu Sebagai Salah Satu Sumber Probiotik Alami

  1. Riset pernah dilakukan oleh sebuah lembaga bernama National Honey Board untuk meneliti madu sebagai salah satu sumber probiotik. Kemampuan madu memberikan manfaat probiotik telah diperiksa melalui media sel tikus. Penelitian ini mengungkapkan fakta bahwa Bifidobacteria (salah satu jenis bakteri yang sering ditemukan dalam usus) tumbuh lebih cepat pada usus tikus ketika tikus diberi makan madu. Di tahun 2016, sebuah artikel berjudul “Complementary and Alternative Medicine” juga menemukan bahwa pemberian madu pada tikus dapat meningkatkan tingkat bakteri baik pada usus tikus.
  2. Sementara riset yang dilakukan oleh Universitas Lund Swedia mengungkapkan bahwa madu mengandung 13 tipe bakteri baik. Kandungan 13 bakteri baik ini sama dengan kandungan pada minuman probiotik yang sering Bunda beli di supermarket. Oya Bunda, di setiap bunga yang menghasilkan madu pada bagian benang sarinya, bakteri baik berkumpul di dalam madu tersebut untuk melindungi lebah dari bakteri jahat dan jamur. Bakteri baik yang terdapat pada madu segar bermanfaat untuk memberi makan koloni lebah dalam jangka waktu yang lama. Bakteri dalam madu segar menghasilkan sejumlah zat aktif yang efektif membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.

Apa Manfaat Probiotik Untuk Tubuh?

  1. Menambah kekebalan tubuh

Di dalam tubuh kita, kita terdapat sebuah sel yang bernama sel NK. Sel NK ini darah putih yang penting untuk kekebalan tubuh. Penelitian yang dipublikasian pada tahun 2007 dalam “The Journal of Nutrition” menunjukkan bahwa minuman probiotik yang dikonsumsi selama tiga minggu membuat peningkatan aktivitas sel NK meningkat pada subyek penelitian.

  1. Meningkatkan jumlah insulin dalam darah

Penelitian tahun 2011 pada “Journal of Applied Microbiology,” menunjukkan bahwa ada peningkatan resistensi insulin setelah tikus diberikan probiotik. Studi pada media tikus ini diharapkan dapat diaplikasikan pula pada manusia.

Nah Bunda, ratusan studi telah menyelidiki berbagai jenis kelompok Lactobacillus probiotik untuk menambah kekebalan tubuh, mencegah arthritis dan kerusakan kulit, kolestero, kanker, diare, dan sembelit. Inilah kemudian yang menjadi alasan produsen mengembangkan minuman probiotik. Namun tentunya, bahan alami yang berasal dari alam tetap lebih baik dikonsumsi daripada produk olahan pabrik. Sehingga Bunda mesti lebih bijaksana dalam menyediakan sumber probiotik untuk Si Kecil. Gizidat dengan Probiotik alami lebih baik dan aman untuk kesehatan ananda….

 

Sumber :

www.livestrong.com

©2019 Madu Gizidat. Beautiful Creation by Geraima