fbpx

Bunda Termasuk ‘Mama Milenial’? Perhatikan Tanda Tanda Ini………….

Bunda pasti sudah akrab dengan istilah generasi milenial. Sebutan tersebut mengacu pada kelompok demografi yang lahir pada awal tahun 1980 sampai 2000. Jadi jika Bunda lahir pada rentang tahun itu, Bunda termasuk generasi milenial. Dari segi karakteristik, generasi milenial umumnya ditandai dengan penggunaan komunikasi media dan teknologi digital.

Namun, bagi Bunda yang sudah berstatus sebagai istri dan seorang Mama, ada beberapa ciri yang dapat mengukuhkan Bunda sebagai Mama Milenial, sebagaimana dilansir dari www.baby-chick.com.

Bunda adalah seorang Mama Milenial jika…

  1. Playdate bukan hanya untuk anak

Bunda juga menyukai aktivitas bermain dan berkumpul bersama teman atau komunitas. Kegiatan playdate yang Bunda lakukan, tidak hanya untuk bersenang-senang bersama anak, tetapi juga menjadi kesempatan bagi Bunda untuk tampil eksis. Tak heran jika Bunda pun mengabadikan momen tersebut dalam sebuah foto atau video, kemudian mengunggahnya di media sosial.

  1. Memiliki banyak foto digital tapi jarang mencetaknya

Sebagai Mama Milenial, Bunda gemar menangkap foto dari berbagai momen. Koleksi foto Bunda di Facebook atau Instagram pun mencapai ribuan. Tapi akan berpikir seribu kali untuk mencetak semua foto itu. Bunda berpikir untuk apa mencetaknya, jika sudah tersimpan rapi secara digital?

  1. Memberi bayi nama yang super kreatif

Orang tua milenial cenderung memberi nama unik pada bayi mereka. Nama-nama umum dan tradisional mulai ditinggalkan. Fenomena ini tidak hanya di Indonesia, tetapi terjadi dalam skala global. Negara-negara maju seperti Amerika, Inggris, dan Jepang, pun tak luput dari tren memberi nama unik pada anak mereka. Di Selandia Baru bahkan muncul kasus nama teraneh: seorang anak perempuan diberi nama ‘Talula Does the Hula From Hawaii’.

  1. Memberi kesempatan pada anak untuk mengakses internet

Sebagian orang tua milenial bahkan memberikan gadget khusus untuk si kecil. Meski ia belum dibiarkan penuh untuk mengelolanya. Jika tidak demikian, anak diperbolehkan berkenalan atau mengeksplorasi teknologi internet melalui gadget orang tuanya.

  1. Lebih suka belanja online

Meski tidak semua keperluan rumah tangga dibeli melalui online, ada kalanya Mama Milenial berpikir: “untuk apa berlelah-lelah ke supermarket, jika gadget dapat melakukan segalanya.”

  1. Cenderung lebih percaya website daripada omongan orang terdekat sekalipun

Website atau blog bagi Mama Milenial ada kalanya berfungsi sebagai konsultan pribadi. Ketika berhadapan dengan suatu masalah, atau memerlukan informasi, Bunda akan meraih gadget kemudian mulai memasukkan kata kunci pada laman Google.

Jika Bunda sudah punya website langganan atau yang Bunda percayai, Bunda pun langsung mengetikkan alamat website tersebut.

  1. Me time dengan internet atau nonton film kesayangan di aplikasi

Setelah lelah mengurus si kecil seharian, Mama milenial biasanya beristirahat dengan menikmati kenyamanan sofa di rumah, sambil scrolling media sosial. Bagi penggemar film, Bunda mungkin juga menyempatkan waktu untuk streaming melalui aplikasi.

Dari beberapa tanda tersebut, Bunda mungkin menyetujui sebagian atau semuanya. Apa pun itu, milenial atau bukan, seorang ibu tetaplah sosok tangguh yang memberikan sentuhan kasih terbaik bagi anak-anaknya. Perbedaannya hanya pada agen sosialisasi atau media informasi yang memengaruhi sikap, perilaku, serta cara berpikir

 

©2019 Madu Gizidat. Beautiful Creation by Geraima